You're here
Home > Bilateral > Menkes RI dan Menkes Iran Tandatangani Kerjasama Kesehatan Bilateral

Menkes RI dan Menkes Iran Tandatangani Kerjasama Kesehatan Bilateral

Di sela-sela pertemuan Global Conference on Primary Health Care di Astana, Kazakhstan, Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. Nila F. Moeloek, mengadakan pertemuan bilateral dengan Menteri Kesehatan Iran, dr. Seyyed Hassan Ghazizadeh Hashemi, di Astana pada hari Jumat (26/10/2018). Pertemuan tersebut diselenggarakan untuk membahas potensi kerja sama antara Indonesia dan Iran di bidang kesehatan.

Menkes RI dan Menkes Iran masing-masing menyatakan ketertarikannya bahwa kerja sama di bidang kesehatan antara Indonesia dan Iran dapat dilakukan pada bidang-bidang: (1) Pengembangan kerjasama produksi obat-obatan, termasuk vaksin halal; (2) Penguatan Sistem Kesehatan termasuk Revitalisasi Pelayanan Kesehatan Dasar; (3) Kerjasama Bioterorism; (4) Kerjasama dalam bidang Transpantasi Organ; (5) Pelayanan Kesehatan Tradisional; and (6) Investasi di bidang alat kesehatan dan industri farmasi. Kedua pihak akhirnya menandatangani MoU Perjanjian Kerja sama untuk merealisasikan berbagai bidang kesehatan yang disepakati tersebut.

Kedua belah pihaklebih lanjut menyepakati untuk segera mengkonkritkan kerjasama bilateral RI-Iran dalam bentuk Joint Action Plan sehingga kerjasama keduanya dapat dilaksanakan dalam bentuk kegiatan-kegiatan yang nyata untuk meningkatkan Pembangunan Kesehatan di kedua negara.

“Saya menyadari bahwa ada banyak kerja sama yang dapat dibangun oleh Pemerintah kita bersama, termasuk kerja sama kesehatan. Dalam hal ini, saya sepenuhnya yakin bahwa kami dapat membangun kerjasama di beberapa bidang,” kata Menkes Nila.

Top
Bureau of International Cooperation . Membuka Pintu Kerja Sama Internasional untuk Mendukung Pembangunan Kesehatan Nasional