你在这里
主页 > 双边 > RI – Arab Saudi Sepakat Melangkah Lebih Maju dalam Kerja Sama Kesehatan

RI – Arab Saudi Sepakat Melangkah Lebih Maju dalam Kerja Sama Kesehatan

Kementerian Kesehatan RI dan Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi (KAS) membahas naskah Plan of Action/PoA Implementasi MoU Kerja Sama Bidang Kesehatan RI-KAS. Hal tersebut dilaksanakan dalam Pertemuan Pertama Joint Working Group on Health Cooperation (JWG) RI-KAS di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Jakarta, 星期一 (17/12/2018).

Kepala Badan PPSDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI, drg. Usman Sumantri, M.Sc, selaku Ketua Delegasi bersama Deputy Minister for Human Resources KAS, Mr. Abdurrahman bin Abdullah Al Aiban, menandatangani Agreed Minutes sebagai kesimpulan Pertemuan JWG berisikan langkah konkret implementasi MoU Kerja Sama Bidang Kesehatan antara RI-KAS yang telah ditandatangani oleh kedua Menteri Kesehatan pada tanggal 1 Maret 2017 di Bogor.

up1-min

“Dengan ditandatanganinya Agreed Minutes JWG ini, saya berharap Indonesia dan Arab Saudi dapat berkomitmen untuk menindaklanjuti proses perekrutan dan penempatan tenaga kesehatan khususnya perawat Indonesia ke Arab Saudi secara lebih operasional,” kata Usman lebih lanjut.

Dalam pembahasan PoA Implementasi MoU Kerja Sama Bidang Kesehatan RI-KAS, kedua Delegasi sepakat untuk bekerja sama lebih erat dalam perekrutan dan penempatan tenaga kesehatan khususnya perawat melalui jalur Pemerintah. Lebih lanjut, disepakati bahwa Arab Saudi akan memberikan dukungan dengan memberikan pelatihan kepada calon perawat yang akan bekerja di Arab Saudi untuk memperoleh sertifikat tes prometrik yang merupakan syarat mutlak bekerja di Arab Saudi. Di sisi lain, Kemenkes dengan BNP2TKI akan menyiapkan sarana dan sumberdaya untuk memenuhi harapan Arab Saudi.

Kemenkes KAS menyatakan membutuhkan banyak perawat Indonesia untuk bekerja pada fasilitas pelayanan kesehatan milik pemerintah. Kedua Delegasi menyepakati suatu pilot project untuk pengrekrutan perawat Indonesia dalam waktu dekat. Telah disepakati bersama bahwa pada Pertemuan JWG berikutnya di Arab Saudi pada tahun 2019 akan membahas lebih detail mekanisme pengrekrutan, penempatan dan perlindungan tenaga kesehatan Indonesia ke Arab Saudi dan penanganan kesehatan haji dan umroh, serta isu-isu lain terkait implementasi Plan of Action MoU RI-KAS.

Pada tanggal 18 Desember 2018, Delegasi Arab Saudi melakukan kunjungan ke Poltekkes Kemenkes Jakarta III dan Rumah Sakit Kanker Dharmais (RSKD). Pihak Arab Saudi sangat antusias mendengarkan profil yang disampaikan Direktur Poltekkes Jakarta III dan RSKD serta mengapresiasi kinerja Perawat Indonesia secara professional.

 

到达顶点