You're here
Home > Multilateral > Peran Aktif Kementerian Kesehatan pada Pertemuan World Health Assembly (WHA) ke-72 di Jenewa, Swiss.

Peran Aktif Kementerian Kesehatan pada Pertemuan World Health Assembly (WHA) ke-72 di Jenewa, Swiss.

Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. Nila Moeloek, SpM (K) memimpin Delegasi RI pada Pertemuan World Health Assembly (WHA) ke-72 di Jenewa, Swiss, tanggal 20-25 May 2019. Indonesia telah banyak memberikan kontribusi pada Pertemuan WHA tersebut, diantaranya telah sukses menyelenggarakan pertemuan Side Event tentang buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) dengan tema “Effective implementation of home-based record to improve maternal, newborn and child health towards achievement of UHC: leaving no one behid” (23/5).

Menkes menyampaikan bahwa forum Side Event sebagai forum saling berbagi best practices dalam implementasi Buku KIA dalam mencapai UHC. Saat ini Buku KIA telah diterapkan di 163 negara dan diharapkan dapat meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan masyarakat.

Para Panelis dan Penanggap dalam Forum tersebut secara bergantian menyampaikan pengalaman masing-masing negara dalam pelaksanaan Buku KIA. Secara umum disampaikan bahwa Buku KIA tersebut secara signifikan memberikan manfaat dan akan terus dikembangkan sebagai salah satu sumber data yang terpercaya.

WHA merupakan Pertemuan Tahunan Para Menteri Kesehatan se-Dunia. Pada pertemun ke-72 tersebut, selain Pejabat setingkat eselon 1 and 2 Kemenkes RI, turut hadir sebagai Delegasi, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTB, Direktur PT Biofarma dan Perwakilan Nakes Teladan.

Top
Bureau of International Cooperation . Membuka Pintu Kerja Sama Internasional untuk Mendukung Pembangunan Kesehatan Nasional