You're here
Home > Bilateral > Pertemuan Bilateral di sela-sela Pertemuan WHA ke-72, di Jenewa, Swiss.

Pertemuan Bilateral di sela-sela Pertemuan WHA ke-72, di Jenewa, Swiss.

Di sela-sela Pertemuan WHA ke-72 bulan Mei 2019, Menkes RI telah melakukan 12 Pertemuan Bilateral baik yang sifatnya antar Pemerintah maupun dengan Non State Actors. Dari 12 Pertemuan Bilateral yang dilakukan baik pada tingkat Menteri Kesehatan atau Pejabat Eselon 1, enam diantaranya merupakan Pertemuan G to G.

Dari hasil Pertemuan Bilateral yang dilaksanakan di sela-sela WHA, Menkes RI berhasil menyepakati dan menandatangani 3 Perjanjian Internasional dengan Negara Mitra, yaitu Memorandum of Understanding (MOU) RI-AS, RI-Turki, dan RI-Singapura (22/5). Sementara Delri setingkat Pejabat Eselon 1 and 2 telah menyepakati 3 Rencana Aksi Bersama (Joint Action Plan) yang merupakan bentuk komitmen untuk mengimplementasikan MOU Kesehatan yang telah ditandatangani oleh Indonesia dengan negara Belanda, Iran, dan Kuba (23/5).

WHA ke-72 Kemenkes Tambah Kerja Sama Bilateral dengan 3 Negara-3

Seperti dikutip dari artikel di www.depkes.go.id, Menkes Nila menyampaikan pentingnya kerja sama dengan mitra asing, ”Kerja sama Indonesia di bidang Kesehatan dengan negara/mitra asing dapat membantu Pemerintah dalam mengisi kesenjangan yang belum sepenuhnya dapat dilakukan melalui sumber daya nasional dalam mencapai Tujuan Prioritas Nasional serta target di tingkat Global”, ungkap Menkes Nila di ruang Assembly (20/5).

WHA ke-72 Kemenkes Tambah Kerja Sama Bilateral dengan 3 Negara-4

Terkait hal tersebut, Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Acep Somantri, menaruh harapan agar semua kerja sama yang dibangun dapat membantu Indonesia dalam mencapai Tujuan Prioritas Nasional sekaligus Target Global, seperti di antaranya Target SDGs, Roadmap Nasional Kemandirian Obat dan Alat Kesehatan, Penguatan Sistem Kesehatan Nasional melalui penerapan Standar Pelayanan Minimum (SPM), Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS), dan Program Indonesia Sehat melalui Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Top
Bureau of International Cooperation . Membuka Pintu Kerja Sama Internasional untuk Mendukung Pembangunan Kesehatan Nasional