你在这里
主页 > 双边 > Studi Banding INS Timor-Leste tentang RPL Bidan ke Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Studi Banding INS Timor-Leste tentang RPL Bidan ke Poltekkes Kemenkes Jakarta III

Rangkaian Agenda Kunjungan Studi Banding Delegasi INS Timor-Leste berikutnya adalah kunjungan ke Poltekkes Kemenkes Jakarta III dan Konsil Kedokteran Indonesia.

Delegasi INS berkunjunga ke Poltekkes Kemenkes Jakarta III pada Rabu (15/5). Delegasi mendapatkan gambaran sistem pembelajaran RPL terutama pada jurusan kebidanan. Program RPL sendiri memungkinkan bagi Bidan dengan pendidikan Diploma I mengikuti proses asesmen dan pembelajaran sehingga dapat mengikuti ujian untuk mendapatkan ijazah Diploma III. Dari 38 Poltekkes Kemenkes, dijelaskan bahwa Poltekkes Kemenkes Jakarta III merupakan salah satu Poltekkes yang memiliki klasifikasi 1 sehingga mempunyai keunggulan sendiri.

Saat ini Jurusan Kebidanan di Poltekkes Kemenkes Jakarta III memiliki 3 Program Studi, yaitu: 1) Program Studi DIII Kebidanan, 2) Program Studi DIV Kebidanan, dan 3) Program Studi Profesi Bidan. Telah diinformasikan kepada Delegasi INS Timor-Leste, bahwa Program RPL mulai dilaksanakan tahun 2017 di Prodi DIII Kebidanan dengan jumlah pendaftar mencapai 25 orang. Delegasi sangat terkesima dengan peralatan canggih dan mahal yang dipakai oleh calon bidan yang dididik di Poltekkes.

2.2.5.3. jkt3
Delegasi INS Timor-Leste terkesima dengan peralatan Kebidanan milik Poltekkes Kemenkes Jakarta III
2.2.6 KKI
Pertemuan di Kantor Sekretariat Konsil Kedokteran Indonesia

Agenda studi banding Delegasi INS terakhir dilakukan ke Konsil Kesehatan Indonesia pada Kamis (16/5). Pada kesempatan tersebut, Duta Besar Timor-Leste untuk Indonesia, Bapak Alberto Xavier Pereira Carlos, juga turut hadir mendampingi. Delegasi disambut oleh Sekretaris KKI serta Ketua Konsil Kedokteran Gigi. Duta Besar Timor-Leste memiliki harapan untuk kerja sama antara Indonesia khususnya KKI dengan Kemenkes Timor-Leste, “Kami yakin kerja sama Indonesia dan Timor-Leste akan berjalan lancar” imbuh Dubes Alberto Carlos. Pada kunjungan ini, Delegasi Timor-Leste mendapatkan informasi terkait fungsi dan kedudukan KKI dan Sekretariat KKI di Indonesia serta penggunaan media untuk pengecekan status registrasi atau kompetensi dokter dan dokter gigi di Indonesia.

到达顶点