You're here
Home > Bilateral > Konsultasi Bilateral RI-Mesir ke-6, Cairo, 26-27 June 2019

Konsultasi Bilateral RI-Mesir ke-6, Cairo, 26-27 June 2019

Delegasi Kemenkes RI melakukan pertemuan teknis dengan Delegasi Kemenkes dan Populasi Mesir di Kantor Kemenkes Mesir (26/6). Tujuan pertemuan adalah mendiskusikan draft update MoU Kesehatan RI-Mesir. Melihat perkembangan dan situasi kesehatan saat ini, Indonesia menilai perlu dilakukan update terhadap MoU. Secara prinsip, Mesir dapat menyetujui draft update MoU. Dari 5 area kerja sama yang diusulkan Indonesia, yaitu: Kesehatan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan, Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, dan Sumber Daya Manusia Kesehatan, pihak Mesir mengusulkan untuk menambah satu area kerja sama baru, yaitu Wisata Kesehatan.

Dalam diskusi, pihak Mesir menyatakan ketertarikannya terhadap area kerja sama kefarmasian. Bahkan, pihak Mesir mengusulkan untuk menambah area kerja sama khusus untuk kefarmasian. Dalam kaitan ini, Indonesia memberikan tanggapan bahwa sebaiknya usulan Mesir dimasukkan ke dalam Plan of Action (PoA) sebagai bentuk implementasi MoU karena sifatnya sangat teknis. Pihak Mesir akan mempertimbangkan masukan Indonesia.

Konsultasi Bilateral RI-Mesir ke-6 dilaksanakan tanggal 27 June 2019 dan hanya diikuti oleh Kemenlu RI dan Kemenlu Mesir dengan format 1+8. Pertemuan dipimpin oleh Dirjen Aspasaf Kemenlu RI, Desra Percaya, and Assistant Foreign Minister for Asia and the Pacific Island Kemenlu Mesir, Hany Selim. Hasil pembahasan teknis antara Kemenkes RI dan Kemenkes Mesir telah tercatat dalam Minutes of Meeting (MoM) yang ditandatangani kedua negara.

Top
Bureau of International Cooperation . Membuka Pintu Kerja Sama Internasional untuk Mendukung Pembangunan Kesehatan Nasional