You're here
Home > Bilateral > Indian Diaspora Dialogue Forum

Indian Diaspora Dialogue Forum

WhatsApp Image 2020-01-27 at 09.54.01(7)

Untuk mempertemukan Menteri Kesehatan RI dengan Diaspora India yang bekerja pada bidang industri kesehatan, telah diselenggarakan Indian Diaspora Dialogue Forum pada hari Senin (27/1). Forum tersebut difasilitasi oleh Biro KSLN dengan mengundang pejabat di lingkungan Kementerian Kesehatan, Duta Besar India untuk Indonesia serta kalangan pebisnis India khususnya yang bergerak pada Farmasi dan Alat Kesehatan serta Rumah Sakit.

Bapak Menkes, Letjen TNI (Pur.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp. Rad (K) RI, menyampaikan dalam sambutannya bahwa foWhatsApp Image 2020-01-27 at 09.54.00(19)rum ini bertujuan untuk mempercepat implementasi MoU Kerja Sama Kesehatan Indonesia dan India, serta untuk mengundang lebih banyak investor dalam memperkuat infrastruktur dan sistem kesehatan, “Salah satu arahan Presiden pada Kabinet Indonesia Maju adalah kebutuhan Pemerintah untuk mendorong investasi” pesan Menkes.

Pertemuan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara Diaspora India dengan Direktur Jenderal Farmalkes, Dra. Engko Sosialine Magdalene, Apt, M.Biomed, dengan dipandu oleh Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri, Bapak Acep Somantri, SIP, MBA. WhatsApp Image 2020-01-27 at 10.02.44(14)

Dirjen Engko menyampaikan bahwa Kemenkes berupaya mengharmonisasi produksi dan registrasi kefarmasian. Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh industri India, antara lain: isu registrasi produk ekspor, pengurangan pajak untuk biaya yang dikeluarkan bagi penelitian dan pengembangan, proses persyaratan yang lebih cepat, kandungan lokal produk farmasi, serta terkait uji klinis.

Pada akhir sesi, Acep menyimpulkan bahwa kerja sama kesehatan antara Indonesia dan India perlu ditingkatkan kebentuk yang lebih konkret, salah satunya melalui pertemuan diaspora India dengan perusahaan farmasi dan alkes Indonesia.

Top
Bureau of International Cooperation . Membuka Pintu Kerja Sama Internasional untuk Mendukung Pembangunan Kesehatan Nasional