Lokasi Anda
Beranda > Umum >

Pemberlakuan dan Aktivasi Travel Corridor Arrangement RI-ROK, RI-RRT dan RI-PEA

Informasi kepada Bapak/Ibu yang akan melakukan perjalanan dari Indonesia ke negara Korea Selatan, Tiongkok dan Persatuan Emirat Arab, serta perjalanan sebaliknya, perlu diperhatikan bahwa saat ini telah diberlakukan Travel Corridor Arrangement (TCA) untuk negara-negara tersebut.

Korea, melalui nota verbal nomor ORD-2020-1220B, telah menyampaikan persetujuan atas naskah TCA dan waktu pemberlakuannya. Dengan demikian, maka secara resmi TCA RI-ROK telah mulai efektif berlaku terhitung mulai tanggal 17 Agustus 2020. Silahkan unduh dokumen Travel Corridor Indonesia – Korea Selatan dibawah ini:

Travel Corridor ROK

Per tanggal 25 Agustus 2020, Tiongkok telah menyelesaikan proses diseminasi informasi pemberlakuan TCA ini kepada Pemerintah Provinsi di Tiongkok yang memiliki jalur penerbangan langsung dengan Indonesia, sehingga dengan demikian secara resmi TCA antara RI-RRT telah mulai efektif berlaku. Silahkan unduh dokumen Travel Corridor Indonesia – Tiongkok dibawah ini:

Travel Corridor PRC

Menurut nota diplomatik dari PEA nomor MOFAIC/ILW/2020/24391 tanggal 29 Juli 2020 yang menyampaikan persetujuan dan mulai berlakunya Safe Travel Corridor Agreement (STCA) terhitung mulai tanggal 29 Juli 2020. Untuk itu, Pemri selanjutnya melalui KBRI Abu Dhabi melalui nota diplomatik No. 01966/BK/07/2020 tanggal 29 Juli 2020 telah memberikan konfirmasi terhadap status efektif dari STCA tersebut pada tanggal 29 Juli 2020 kepada Pemerintah PEA. Dengan demikian, maka secara resmi STCA antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab telah mulai efektif berlaku terhitung mulai tanggal 29 Juli 2020. Silahkan unduh dokumen Travel Corridor Indonesia – PEA dibawah ini:

Travel Corridor UAE

Pada prinsipnya, baik TCA RI-ROK, TCA RI-RRT maupun STCA RI-PEA merupakan rangkuman berbagai ketentuan nasional terkait pengaturan visa dan protokol kesehatan yang sudah ada di masing-masing negara, sehingga tidak menimbulkan keharusan untuk pembentukan hukum baru atau penyesuaian peraturan perundang-undangan.

Selamat menempuh perjalanan dengan nyaman dan aman. Jangan lupa, patuhi protokol kesehatan dimanapun anda berada.

 

 

 

Top
Biro Kerja Sama Luar Negeri. Membuka Pintu Kerja Sama Internasional untuk Mendukung Pembangunan Kesehatan Nasional