Lokasi Anda
Beranda > Bidang Kerjasama > Regional > ASEAN > Ekonomi

Kerjasama di kawasan regional ASEAN dalam bidang ekonomi, meliputi:

1. Liberalisasi Perdagangan Jasa di ASEAN

2. Liberalisasi Perdagangan Jasa Kesehatan di ASEAN Plus

1. ASEAN PLUS ONE
Selain dilakukan dalam kerangka internal ASEAN, pembentukan kerjasama liberalisasi perdagangan di ASEAN secara paralel juga dilakukan melalui kerjasama dalam kerangka ASEAN Plus One (mitra wicara), yang terdiri dari 6 (enam) negara wicara yaitu China, Jepang, Korea, India, Australia, dan New Zealand.
Salah satu prinsip kerjasama ASEAN dengan mitra wicara adalah terjaganya sentralitas ASEAN, sehingga ASEAN dapat berperan sebagai prime-mover dalam hubungannya dengan mitra wicara. Implementasi kerjasama dengan mitra wicara didesain untuk menempatkan kepentingan ASEAN sebagai prioritas. Tingkat keluasan dan kedalaman komitmen yang diberikan ASEAN kepada negara Mitra Wicara tersebut masih jauh dibawah komitmen yang di-offer diinternal Negara anggota ASEAN.
Dari 5 (lima) FTA yang telah disepakati ASEAN dengan 6 (enam) negara mitra wicaranya tersebut, sektor jasa kesehatan telah memberikan komitmennya pada kerjasama ASEAN-Korea Free Trade Agreement (AKFTA), ASEAN-Australia-New Zealand Free Trade Agreement (AANZFTA), dan ASEAN-Jepang Comprehensive Economic Partnership (AJCEP) sebanyak 1 (satu) subsektor, yaitu CPC 9311 : Hospital Services (only for specialist and super specialist medical care/more specific than specialist medical care, provided by hospital of more than 300 beds).
2. ASEAN PLUS SIX

3. Liberalisasi Perdagangan Barang/Produk Kesehatan di ASEAN

4. Liberalisasi Perdagangan Barang/Produk Kesehatan di ASEAN Plus

Selain dilakukan dalam kerangka internal ASEAN, pembentukan kerjasama liberalisasi perdagangan di ASEAN secara paralel juga dilakukan melalui kerjasama dalam kerangka ASEAN Plus One (mitra wicara), yang terdiri dari 6 (enam) negara wicara yaitu China, Jepang, Korea, India, Australia, dan New Zealand. Salah satu prinsip kerjasama ASEAN dengan mitra wicara adalah terjaganya sentralitas ASEAN, sehingga ASEAN
Top