你在这里
主页 > 领域的合作 > 双边 > Asia Pasifik & Timur Tengah

Beberapa kerja sama bilateral di bidang kesehatan yang terjalin antara RI dengan negara-negara di wilayah Asia Pasifik dan Timur Tengah, pada tahun 2017, yaitu:

1. Kerja sama antara RI dengan Kerajaan Arab Saudi

Menteri Kesehatan RI Nila Moeloek bersama Menteri Kesehatan Kerajaan Arab Saudi menandatangani perjanjian (MoU) di bidang kesehatan. Penandatanganan dilakukan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat pada tanggal 1 Maret 2017, dengan disaksikan oleh Presiden Joko Widodo dan Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz Alsaud.
menkes ri dan menkes arab saudi sepakati kerjasama bidang kesehatan
Kerjasama yang disepakati meliputi (1) kerja sama dalam visi yang sama mengenai isu-isu kesehatan regional dan internasional, terutama peraturan kesehatan Internasional, (2) kerjasama dalam perekrutan tenaga kerja kesehatan dan profesional kesehatan Indonesia, (3) kolaborasi di bidang penerapan persyaratan kesehata yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan Arab Saudi untuk haji dan umroh, (4) Pengembangan kapasitas sumber daya manusia termasuk pertukaran ahli dan profesional kesehatan, (5) pencegahan dan pengendalian penyakit, serta (6) bidang lain yang menjadi kepentingan dan disepakati bersama.
MoU ini baru akan berlaku 30 hari setelah Kerajaan Arab Saudi menyampaikan nota diplomatik kepada Pemerintah RI atas persetujuan MoU tersebut.

2. Kerja sama antara RI dengan Republik Demokratik Timor Leste

“Kerja sama kesehatan dengan negara tetangga merupakan hal penting dan mendesak dalam kerangka kerja sama hubungan bilateral kedua negara”. Hal tersebut antara lain ditegaskan Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. Nila F. Moeloek, dalam kesempatan pertemuan bilateral dengan Wakil Menteri Kesehatan Republik Demokratik Timor Leste, Dr. Ana Isable de Fátima Sousa Soares di Jenewa, tanggal 24 Mei 2017. Dalam pertemuan tersebut, kedua Menteri membahas kelanjutan kerja sama kedua negara di bidang kesehatan yang telah berlangsung selama ini.

Kedua pihak sepakat untuk melanjutkan kerja sama bidang kesehatan, khususnya dalam rangka mewujudkan komitmen Pemerintah Indonesia mendukung pembangunan kesehatan di Timor Leste.

Menkes Bilateral Timor 20170524 -IMG_9925

Menkes RI dan Wamenkes RDTL lebih lanjut menandatangani Perjanjian Kerja Sama atau Memorandum of Understanding di bidang kesehatan untuk periode 2017-2020. Adapun bidang kerja sama yang disepakati antara lain: (1) Pelayanan kesehatan dan pemeriksaan laboratorium; (2) Kerja sama di bidang farmasi dan alat kesehatan; (3) Peningkatan kapasitas tenaga kesehatan; (4) Kerja sama di bidang penyakit menular, terutama di daerah perbatasan dan kesiapsiagaan pandemik; serta (5) Kerja sama di bidang Kesehatan Ibu dan Anak, Imunisasi dan Gizi.

Pertemuan bilateral ini diselenggarakan di sela-sela kedua Menteri menghadiri Sidang World Health Assembly (WHA) ke-70 di Jenewa, tanggal 22-31 Mei 2017.

 

3. Kerja Sama antara RI dengan Korea Selatan

Pada tanggal 9 November 2017, telah ditandatangani MoU Kerja Sama bidang Kesehatan antara RI-Korea Selatan di Istana Kepresidenan Bogor, dengan ruang lingkup kerjasama yang disepakati adalah:

  1. Health policy and health management;
  2. Hospital services and hospital management;
  3. Quality Improvement of health services and infrastructure;
  4. Health technology development;
  5. Communicable and non-communicable diseases control;
  6. Development of health human resources;
  7. Pharmaceuticals and medical devices;
  8. Health promotion;
  9. Any other areas of cooperation as mutually agreed in writing

pic1

MoU tersebut ditandatangani oleh Menteri Kesehatan RI dan Menteri Luar Negeri Korea Selatan (mewakili Menteri Kesehatan dan Kesejahteraan Korea Selatan). MoU berlaku selama tiga tahun dan dapat diperpanjang selama dua tahun.

 

到达顶点